Rabu, 19 Maret 2014

Chess Problem. The Clue Is Here...

Post ini dibuat hanya karena iseng (sebenarnya ada maksud tertentu) dan kemungkinan besar saya tidak akan menulis quiz-quiz catur lagi.


Saya mencari-cari web yang bisa digunakan untuk membuat chess problem secara mudah, tetapi pencarian tersebut berakhir dengan sia-sia. Saya akhirnya menemukan website dimana kita bisa bermain dan belajar catur. Di web tersebut juga terdapat banyak quiz catur (chess problem), tetapi saya tidak tau cara membuatnya agar bisa di publikasikan.akhirnya sayapun menggunakan sistem untuk menganalisa situasi dan berencana untuk menuliskan perintah-perintahnya secara langsung.

Petunjuk:
- Kita bermain sebagai hitam. Papan dilihat dari sisi pemain putih.
- Biasanya chess problem akan sudah menyiapkan langkah lawan jika langkah kita benar. Tapi dalam kasus ini, karena saya tidak berhasil menemukan sistemnya, saya akan menuliskan langkah lawan yang membuat problem ini menjadi mudah.
- Karena itu, tujuan dari problem ini bukan hanya untuk men-skak raja lawan, tetapi menggunakan langkah yang tepat sehingga sesuai dengan respon lawan.
- Berikut adalah notasi langkah-langkahnya (Jawaban/langkah hitam akan saya kosongkan untuk diisi):
1. Re7 (__)  2. Nb3 (__)  3. Bxa1 (__)

Pastikan langkah yang anda lakukan cocok dengan respon lawan sehingga langkah lawan tidak terlihat aneh. Silahkan tulis jawaban di comment jika ingin mengecek jawaban anda benar atau salah

HINT:Jika ada yang merasa kesulitan, akan saya tambahkan hint untuk membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar